Minggu, 03 November 2013

Konsumen Indonesia Paling Optimis di Dunia ( Tulisan 10 )

Konsumen Indonesia Paling Optimis di Dunia

WE.CO.ID, Jakarta – Indonesia tetap menjadi negara yang memiliki kepercayaan diri konsumen tertinggi di dunia dengan nilai indeks kepercayaan diri konsumen sebesar 120, meskipun indeks tersebut turun dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Kepercayaan diri konsumen di Asia Tenggara pada kuartal ketiga (Q3) 2013 terus berada diantara yang tertinggi secara global.
“Indonesia masih memiliki optimisme tinggi yang ditimbulkan oleh pemilu yang akan datang, pertumbuhan kelas menengah dan peningkatan pendapatan. Namun, dalam dua bulan terakhir terjadi tekanan inflasi yang signifikan bagi konsumen Indonesia, sehingga tidak mengherankan bila terjadi sedikit penurunan pada nilai indeks,” ujar Managing Director Nielsen Indonesia Catherine Eddy seperti dikutip dari keterangan pers Nielsen Indonesia yang diterima Sabtu (2/11/2013).
Menurut Nielsen Global Survey of Consumer Confidence and Spending Intentions, Indonesia mencatat skor indeks tertinggi secara global sebesar 120 pada Q3 2013 (turun empat poin dibandingkan dengan kuartal sebelumnya dan lebih tinggi 26 poin dari rata-rata global yang sebesar 94), diikuti oleh Filipina yang turun tiga poin menjadi 118.
Thailand dan Malaysia juga berada diantara negara-negara yang paling percaya diri meskipun mencatat sedikit penurunan selama dua kuartal terakhir. Kepercayaan konsumen di Thailand turun dua poin menjadi 112 pada Q3 2013 dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, dan Malaysia juga mencatat penurunan dua poin menjadi 101. Kepercayaan konsumen di Singapura meningkat tiga poin menjadi 98 pada Q3, dan Vietnam meningkat dua poin menjadi 97.
“Konsumen Indonesia memiliki ketahanan yang tinggi dalam menghadapi tantangan dan cepat beradaptasi dengan situasi. Setelah beberapa bulan kita tidak lagi melihat kenaikan harga BBM sebagai kekhawatiran utama, malahan kita dapat melihat kekhawatiran mengenai stabilitas politik yang meningkat, yang merupakan respon atas semakin dekatnya pemilihan presiden tahun depan,” jelas Catherine.
Keadaan ekonomi menjadi urutan teratas kekhawatiran utama konsumen Indonesia (43%) diikuti oleh keseimbangan antara hidup dan pekerjaan (21%) dan stabilitas politik (14%), sementara kenaikan harga BBM tidak masuk dalam peringkat lima teratas kekhawatiran utama konsumen online Indonesia.

Sumber  :


Analisis :

            Mendapatkan gelar sebagai konsumen paling optimis di dunia membuat kita seharusnya berbangga karena di mata dunia nama Indonesia terlihat lebih baik, namun kita juga harus sadar bahwa masalah masalah yang dihadapi negara ini cukup banyak oleh sebab itu ada baiknya kita tidak hanya mementingkan diri masing masing namun ikut ambil bagian dalam memuat sesuatu yang berguna bagi masa depan negeri ini dengan menabung dan berinvestasi agar pertumbuhan ekonomi negara kita tumbuh dengan pesat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar