Minggu, 03 November 2013

Tugas Bahasa Indonesia 2# bagian ke-2

Tugas Bahasa Indonesia 2#  bagian ke-2

Nama    : Johan Christian
Kelas     : 3EB19
Npm      : 23211840
Mk        : Bahasa Indonesia 2#
Dosen   : Bpk. Edy Prihantoro,SS.,MMSI

1.     Kualitas Karya tulis ditentukan oleh beberapa aspek, yaitu :

A.   Topik yang menarik
      Dalam membuat karya tulis,topik apa yang akan dibahas merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan.Karya tulis yang dibuat baik itu berupa novel,buku,cerpen ataupun lain sebagainya tentunya memiliki tujuan yaitu untuk dibaca oleh banyak orang. Kesuksesan sebuah karya tulis adalah ketika tercapainya kepuasan bagi pembacanya atas karya yang mereka buat.  

      Untuk mencapai itu semua,penulis perlu memperhatikan hal-hal apa saja yang membuat pembaca merasa nyaman dengan karya tulis yang mereka buat.Karya tulis yang dibuat harus dapat merasuki pikiran pembacanya.Langkah-langkah yang dapat ditempuh penulis untuk membuat suatu karya tulis yang menarik adalah antara lain:

1.Pemilihan judul yang Tepat.
      Judul merupakan cakupan atas ide-ide apa saja yang ingin di tuangkan oleh penulis didalam karya tulisnya.Pemilihan judul berkaitan erat dengan topik apa yang akan diibahas.Judul merupakan bagian yang akan sangat mempengaruhi ketertarikan pembaca untuk membaca suatu karya tulis.

2. Penulis menguasai dengan baik mengenai topik apa yang akan ia bahas
     
3. Membatasi karya tulis yang dibuat agar lebih spesifikasi.  




B.   Mudah dipahami oleh pembaca

    Artinya,pesan apa yang ingin disampaikan oleh penulis dapat diterima dan dicerna pembaca dengan baik. Beberapa factor yang mempengaruhi suatu karya tulis akan dapat dipahami dengan baik antara lain:

1.     Penulisannya simple,padat,dan berisi.Atau dengan kata lain langsung kena tujuan atau tidak bertele-tele.Hal ini dimaksudkan untuk menghindari rasa bosan pembaca ketika membaca karya tulis yang kita buat.

2. Menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami.Sebaiknya hindari penggunaan bahasa asing yang membingungkan pembaca.

3.    Perhatikan dengan jelas siapa target karya tulis tersebut.Maksudnya,apabila karya tulis tersebut ditujukan untuk  remaja,maka sajikan sesuai dengan daya penalaran remaja.Dan sebaliknya,apabila karya tulis tersebut ditujukan untuk orang dewasa,hindari penyajian yang   berdasarkan penalaran remaja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar